Sekilas Tentang Situs Portal, Fungsi, dan Jenisnya

Sekilas Tentang Situs Portal, Fungsi, dan Jenisnya

Sekilas Tentang Situs Portal, Fungsi, dan Jenisnya

Ketika Anda mulai browsing di internet, Anda pasti harus memulainya dari membuka alat peramban atau browser Anda, bukan? Biasanya, begitu browser dibuka, Anda akan disambut dengan laman yang akan menjadi titik awal Anda untuk menjelajah di internet. Inilah yang disebut dengan situs portal beli barang online atau portal web. Situs semacam ini dipopulerkan di tahun 1990-an, dan sejak saat itu menjadi standar saat orang mulai menjelajah internet.

Tujuan dari adanya web portal ini sebenarnya adalah bisnis. Ketika portal memberikan Anda semua yang Anda perlukan untuk mulai menjelajah internet, dari mesin pencari, berita, video, gosip, dan hiburan serta informasi lainnya, Anda otomatis akan semakin sering menggunakannya. Semakin banyak yang memakainya, maka portal ini pun akan mendapatkan trafik tinggi, yang bisa ditawarkan pada para advertiser untuk kemudian memasang iklan mereka di sana. Makanya, semakin banyak orang yang mengunjungi dan memakai portal web tersebut, semakin tinggi pula pemasukannya.

Fasilitas yang dimiliki oleh situs portal ini sendiri rata-rata mirip, meski mungkin tampilannya berbeda. Biasanya Anda akan menemukan fasilitas seperti:

  • Mesin pencari – ini fungsi yang biasanya menjadi andalan utama web portal. Semakin banyak orang mencari dan menemukan informasi yang mereka dapatkan dari portal, semakin lama dan sering pula mereka menggunakannya.
  • Artikel – artikel ini bisa berupa berita aktual, gosip hiburan, review produk, film, musik, tips, dan berbagai informasi menarik lainnya.
  • Chatroom dan forum – banyak portal web juga memiliki fasilitas untuk saling chatting bersama dengan pengguna-pengguna lainnya. Sangat berguna untuk membentuk komunitas.
  • Layanan pribadi – layanan ini termasuk akun email, blog, kalender, bahkan mungkin saja layanan untuk menyimpan data via cloud.

Jadi bayangkan saja bahwa hanya dengan mengunjungi web portal, Anda sudah disuguhi segala informasi, kemampuan untuk mencari tambahan informasi lagi, berkomunikasi dengan orang lain, dan bahkan akun personal untuk membantu mengatur pekerjaan Anda sehari-hari. Layanan ini sendiri membuat portal dibedakan menjadi 2 jenis:

  1. Portal horizontal
    Portal ini adalah portal umum yang menyediakan macam-macam informasi dan layanan yang bisa dipakai secara umum oleh para pengunjung portal itu sendiri.
  2. Portal vertikal
    Portal ini juga memberikan layanan pribadi dan informasi, tapi biasanya khusus untuk bidang-bidang tertentu saja, seperti portal khusus berita, portal kuliner, portal gaming, dll.

Berbicara tentang jenis-jenis portal, masih banyak lagi jenis dari situs ini jika Anda melihat dari segi kepemilikannya. Berikut berapa di antaranya yang akan sering Anda jumpai:

  1. Portal pemerintah
    Portal yang dibuat pemerintah demi memberikan informasi lengkap tentang situs kantor untuk perwakilan rakyat, tempat tinggal dan alamat, kegiatan bisnis, tempat wisata, dan berbagai informasi yang berguna bagi warga negara dan ekspat.
  2. Portal lokal
    Portal yang menyediakan informasi tentang daerah sekitar Anda, seperti cuaca, informasi bisnis, dan macam-macam lagi.
  3. Portal perusahaan
    Portal web yang dimiliki perusahaan tertentu untuk informasi tentang perusahaan dan memasarkan produknya.
  4. Portal komunitas
    Berisi segala hal yang berhubungan dengan komunitas tertentu, dengan fasilitas yang akan mengakomodasi komunitas.

Melihat betapa bergunanya situs portal, tak mengherankan jika banyak yang sering menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Anda pun pasti juga sering menggunakannya untuk menjelajah dunia maya yang luas ini. Portal memang tak selalu mengandung semua informasi yang ada di internet, tapi sebagai langkah awal untuk mengenalkan internet, portal web sangatlah berguna.

Sekilas Tentang Situs Portal, Fungsi, dan Jenisnya | yusufsukandar | 4.5

Leave a Reply