Sejarah Menarik Toko Online

Sejarah Menarik Toko Online

Sejarah Menarik Toko Online

Sejarah tidak hanya berbicara tentang waktu dan tempat kejadian suatu peristiwa. Lebih dari itu, sejarah mengajarkan kita untuk mengenal sudut pandang baru, menganalisa suatu hal, dan melihat fenomena secara keseluruhan. Dengan belajar sejarah, kita dapat memahami motif seseorang melakukan ini dan itu, serta dampaknya bagi masyarakat.

Pada artikel kali ini, kita akan menelaah sejarah singkat toko online atau bahasa kerennya online shopping. Di zaman sekarang, mata dan telinga kita sudah sangat akrab dengan berbagai iklan untuk berbelanja di toko online A, B, C, D, dan seterusnya. Namun, apakah kita mengetahui rentetan kejadian apa saja yang membuat toko online menjadi semakin berkembang seperti pada hari ini? Jika ya, check this timeline and stories, guys !

1971 : Penjualan barang pertama yang ‘difasilitasi’ oleh internet

Mungkin ada beberapa dari kita yang penasaran tentang barang apa yang pertama kali terjual via online. Ternyata, barang tersebut adalah ganja. Ya, ganja. Jual beli ganja dilakukan antara mahasiswa MIT dan Stanford. Mereka menjalin komunikasi via ARPANET dari tahun 1971 hingga 1972. Kisah pertama ini memang terdengar konyol sekaligus miris.

1979 : Sistem belanja online pertama dibangun

Michael Aldrich menyambungkan televisinya dan telpon ke server komputer miliknya. Televisi tersebut digunakan untuk melihat list barang yang dijual. Dengan adanya sistem yang disebut teleshopping ini, proses transaksi online berjalan lebih real-time.984

1984 : Email digunakan lebih luas sehingga memungkinkan belanja online

Pada tahun 1984, penggunaan email lebih meluas, yakni dari Amerika Serikat dan Kanada. Hal ini pun membuat orang-orang berkomunikasi dan berjualan online lebih cepat.

1990 : WWW (World Wide Web) lahir ke dunia

Awalnya, WWW dibuat untuk menyimpan arsip riset dari ilmuwan Berners-Lee. Setelah bisa digunakan di lingkungan CERN (Pusat Penelitian Fisika Partike Eropa), Jenewa, Swiss, maka penemuan ini pun diaplikasikan secara meluas. Ya, pada bulan Oktober 1990, WWW dijalankan di internet.

1992 : Situs penjualan online pertama diluncurkan

www.books.com menjadi situs penjualan online pertama di dunia. Dari namanya, kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa situs ini menjual berbagai buku. Uniknya lagi, www.books.com juga melayani transaksi kartu kredit secara online pertama.

1995 : Debut Amazon dan Ebay

Amazon merupakan perusahaan raksasa di bidang E-Commerce. Awalnya, Amazon hanya menjual buku secara online. kemudian, usaha dari Jeff Bezos ini semakin berkembang hingga menjadi perusahaan retail online terbesar di dunia. Agak berbeda dengan Amazon, Ebay merupakan situs berkumpulnya penjual dan pembeli. Sistem yang digunakan oleh Ebay adalah sistem lelang dimana penawar tertinggi akan menjadi pembeli dari suatu barang.

2003 : Online shop lainnya mulai bermunculan

Setelah kesuksesan Amazon dan Ebay, maka banyak pula orang yang mendirikan online shop atau toko online. Namun, setelah itu, tidak ada perkembangan signifikan dari toko online. Bisa dikatakan tidak ada sesuatu yang membuat ‘greget’ di bidang E-Commerce.

 

Sejarah Menarik Toko Online | yusufsukandar | 4.5

Leave a Reply