Augmented Reality Kunci Sukses Pokemon Go

Techno.web.id – Games Android, Tak dapat dipungkiri, Games Android dan iOs besutan Nintendo dan Niantic.Inc yang berlabel Pokemon Go ini jadi trending topic dunia internasional. Walau dirilis bertahap di masing – masing negara, namun Indonesia sebagai pangsa pasar android terbesar juga belum dapat rilis resmi dari pihak developer games tersebut. Namun para gamers sudah bisa mencicipinya melalui berbagai toko aplikasi di luar Google Play Store.

Apa itu Augmented Reality?

Pokemon Go mengusung teknologi Augmented Reality (AR). Menurut Ronald T. Azuma, seperti yang techno.web.id lansir dari laman wikipedia, Augmented Reality didefinisikan sebagai “penggabungan benda – benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata”.

Dalam Pokemon Go, Augmented Reality di implementasikan melalui Kamera belakang smartphone yang menampilkan dunia nyata kemudian diolah sedemikian rupa menjadi game virtual yang nyata. Mungkin ini game pertama yang memadukan teknologi ini.

Apa beda Augmented Reality (AR) dengan Virtual Reality (VR)

Menurut wikipedia, Virtual Reality (VR) didefinisikan sebagai “teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer”. VR biasanya dipadukan dengan alat tambahan pada smartphone, seperti headset khusus dan box khusus. Augmented Reality tida membutuhkan alat tambahan. (Techno.web.id/ ad)

Augmented Reality Kunci Sukses Pokemon Go | techno.web.id | 4.5

Leave a Reply