Powerbank Xiaomi 10400 mAh, Kualitas Selangit Harga Irit

Powerbank Xiaomi 10400 mAh, Kualitas Selangit Harga Irit

Powerbank Xiaomi 10400 mAh, Kualitas Selangit Harga Irit

Di Zaman serba elektronik seperti ini, kebutuhan komunikasi melalui ponsel pintar pun semakin tak terelakkan. Daya baterai ponsel pintar dan tablet yang habis seakan menjadi momok bagi manusia-manusia modern. Oleh karenanya, powerbank seakan menjadi kebutuhan yang penting bahkan wajib bagi para pemilik ponsel pintar dan tablet.

Xiaomi, sebagai salah satu merk asal negeri tirai bambu yang sedang menikmati pamor melejitnya, tak mau kalah untuk meluncurkan produk pendukung ponsel pintar dan tabletnya, yakni powerbank. Pabrikan ini terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas dengan tawaran harga yang menggiurkan. Salah satu produk powerbank yang kali ini akan diulas adalah Xiaomi SiliconePowerbank 10000mAh.

Bagaimana Spesifikasi Dari Powerbank Xiaomi 10400 Mah?

Powerbank Xiaomi ini dihadirkan dengan desain yang minimalis dan elegan dengan balutan casing aluminium dengan berbagai macam pilihan warna. Secara umum, powerbank ini dibuat dengan desain agak lonjong dengan sudut-sudut yang membulat.

Pabrikan asal Tiongkok ini mengklaim bahwa casing aluminium yang digunakan oleh Xiaomi 10000mAh ini mampu menahan beban hingga 50kg. Sedangkan sisi atas dan bawah power bank ini menggunakan bahan plastik berwarna putih. Hal itu membuatnya nyaman jika dimasukkan ke dalam saku atau digenggam di tangan. Walau demikian, Anda harus tetap berhati-hati karena pinggir casing powerbank ini cukup tajam, kulit bisa mudah tergores karenanya.

Powerbank ini hanya memiliki sebuah portusb yang digunakan sebagai port untuk melakukan pengisian daya. Oleh karenanya, powerbank jenis ini tidak bisa digunakan untuk mengisi daya lebih dari satu gadget dalam satu waktu. Namun, demikian, dengan daya sebesar 10400mAh, memungkinkan untuk mengisi lebih dari satu.

Baterainya pun diproduksi oleh produsen ternama asal Korea, yakni LG dan Samsung, membuat kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Produk Xiaomi yang satu ini dilengkapi juga dengan chipset perlindungan canggih buatan TexasInstrument. Teknologi tersebut memungkinkan gadget Andadi-chargedengan aman. Produk ini dijual dalam paket yang berisi sebuah Unit Powerbank, sebuah kabel USB, dan sebuah buku manual.

Pada bagian atas, terdapat tombol power, walaupun demikian, tanpanya terkadang bisa melakukan pengisian daya secara otomatis. Hal itu dikarenakan powerbank ini sudah menggunakan teknologi autodetect yang sering ditemukan di powerbank jenis lain. Untuk itu tombol ini digunakan jika autodetect tidak berfungsi atau untuk mengeces daya baterai yang tersisa.

Selain itu dibagian tersebut juga terdapat 4 buah LED indikator yang digunakan sebagai penanda daya powebank, juga sebuah portmicro USB, dan sebuah port USB. Bagian atas power bank Xiaomi 10400mAh ini terdapat tombol power (sering nggak dipake :mrgreen: ), 4 LED indikator, portmicro USB, dan port USB.

Dengan kemampuan daya hingga 10400 mAh, powerbank ini cocok untuk dibawa saat bepergian jauh selama beberapa hari. Website resmi Xiaomi menyatakan bahwa powerbank ini menggunakan input daya DC 5V/2.A dan output daya DC 5,1/2.1A.

Selain itu powerbank ini dilengkapi juga dengantemperatureresistance, OutputandInputOvervoltage Protection, Perlindungan dari pengisian daya berlebih, dan fitur beragam lainnya. Dari segi keamanan, produk Xiaomi yang satu ini bisa dikatakan tak tertinggal dengan merk Asus Zenpower. Oleh karenanya, powerbank ini juga dianggap salah satu merk yang paling awet.

Untuk masalah harga, Powerbank Xiaomi dibanderol cukup murah dibandingkan produk lainnya, yaitu sekitar 30.000 rupiah saja. Harga yang fantastis bukan? Harga tersebut diperoleh dari situs bhinneka.com. Bagi yang dilengkapi dengan fasilitas garansi tentunya harganya akan sedikit lebih mahal.

Bagaimana Membedakan Powerbank Xiaomi Palus Dengan Yang Asli?

Dewasa ini, banyak modus penipuan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak ditemukan tiruan Powerbank Xiaomi khususnya powerbank 10400 mAh ini. Untuk itu, sebagai konsumen, perlu adanya pengetahuan bagaimana membedakan keduanya, agar Anda tidak mudah dikelabui.

Anda harus waspada, jika Anda membeli powerbank Xiaomi 10400 mAh, tetapi hanya bisa mengisi daya satu buah ponsel pintar saja. Bisa dipastikan bahwa powerbank tersebut adalah palsu atau tiruan, karena memiliki kapasitas baterai yang tidak real. Biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah, untuk itu dianjurkan sebelum melakukan pembelian, sebaiknya Anda memeriksa harga secara online terlebih dahulu.

  • Selubung kemasan mudah dirusak. 

PowerbankXiaomi 10400 mAh mempunyai dua tipe kemasan, yang pertama adalah plastik transparan keras dan yang kedua terbuat dari akrilik. Powerbank berikut dengan kabel dimasukkan ke dalam kotak, dan diselubungi kertas putih memiliki dua macam kemasan. Yang pertama, siapkan akrilikatauplastik keras transparan. Selanjutnya, masukkan powerbank dan kabel charger  ke kotak akrilik itu, lalu diselubungi kertas berwarna putih.

Powerbank palsu umumnya memakai kemasan akrilik, karenanya Anda perlu kehati-hatian saat membeli powerbank dengan kemasan tersebut. Salah satu cara menghindari penipuan dengan modus powerbank palsu adalah dengan menyobek kertas selubung dari kotak akrilik tersebut. Jika mudah disobek Anda perlu waspada, karena Xiaomi asli memiliki plastik selubung yang cukup sulit disobek.

  • Warna konektor bukan putih beras. 

Powerbank merk ini memiliki bodi yang terpasang konektor postUSB dan microUSB. Anda perlu memperhatikan bagian dalam konektornya, jika memiliki warna putih beras maka Anda bisa bernafas lega. Namun jika warnanya putih bersih (seperti susu) atau hitam, maka Anda patut untuk curiga.

  • Kabel charger polos tanpa logo. 

Powerbank ini dijual lengkap dengan kabel pengisi daya dan buku panduan. Kepala kabel chager tersebut berwarna putih polos tanpa ada logo smartphone Xiaomi Mi. Konektor port USB bagian dalam berwarna hitam. Jika berbeda dari ciri-ciri diatas hampir bisa dipastikan powerbank tersebut palsu.

  • Fitur autodetect. 

Ketika digunakan, powerbank baru yang asli akan secara langsung memulai proses pengisian daya, tanpa perlu menekan tombol power. Biasanya, pada Powerbank Xiaomi palsu, pemakai diharuskan untuk menekan tombol power terlebih dahulu.

  • Lampu LED akan padam jika kedua ujung kabel konektor ditancapkan ke powerbank. 

Ujung kabel pengisi daya dalam kardus berbentuk konektor USB dan micro USB. Coba, tancapkan kedua konektor ke bodi powerbank dan perhatikan apa yang terjadi. Jika lampu LED semua padam maka Anda dapat bernafas lega, tetapi jika menyala, maka hampir pasti powerbank yang baru saja Anda beli adalah produk palsu.

Demikian adalah beberapa penjelasan mengenai Powerbank Xiaomi 10400 mAh. Dengan harga yang jauh lebih murah, Anda dapat memperoleh kualitas powerbank terbaik yang tidak kalah dengan merk-merk raksasa lainnya.

Powerbank Xiaomi 10400 mAh, Kualitas Selangit Harga Irit | yusufsukandar | 4.5

Leave a Reply