Petani 8Villages, Aplikasi Berbasis Android untuk Pertanian Masa Kini

Sebagai ujung tombak perekonomian negara, pertanian harus mengalami perkembangan setiap tahun. Tak hanya dari segi produk, tetapi juga teknologinya. Dalam hal ini, sudah saatnya petani mengenal kecanggihan media sosial dan berbagai aplikasi untuk meningkatkan pengetahuan. Lebih dari itu, petani pun akan mendapatkan banyak relasi baru.

Aplikasi android untuk pertanian, Petani 8Villages, muncul di tahun 2014 untuk menjawab tantangan tersebut. Pelopornya adalah Sanny Ghadafi. Bagaimana kelengkapan fitur ini? Berikut ulasannya.

Mengenal 8Villages

Mengenal 8Villages

Source – agroindustri

Sebelum membahas aplikasi Petani, kenali dulu 8Villages sebagai pembuatnya. 8Villages merupakan perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang meluncurkan fitur komunikasi dan informasi berbasis android untuk para petani. Platform tersebut berisi berita terkini seputar pertanian dan media pemasaran produk.Petani juga bisa berkonsultasi dengan para ahli dan mengetahui perkembangan teknologi bidang pertanian melalui aplikasi ini.

Untuk mendukung peningkatan mutu pertanian, 8Villages bekerja sama dengan XL Axiata dan Fakultas Pertanian UGM. Mereka mengeluarkan fitur tambahan berupa Rumah Pintar Petani (RPP). Aplikasi RPP bisa diakses lewat website resminya. Supaya koneksi ke situsnya lancar, Anda harus mengisi pulsa Axis ke dalam smartphone. Pembelian pulsa dapat dilakukan melalui agen pulsa online, salah satunya Traveloka.

Tak hanya RPP, perusahaan ini pun meluncurkan fitur Petani sejak tahun 2014. Melalui aplikasi tersebut, petani bisa bergabung di forum pertanian seluruh Indonesia. Pemiliki 8Villages menargetkan Petani bisa menggaet lebih dari 6.000 pengguna. Kini, 8Villages sedang mengembangkan platform ini di Negara Myanmar. Jadi, pelaku pertanian di Myanmar dapat terhubung langsung dengan pengguna Petani di Indonesia.

Tentang Aplikasi Petani

Source - play.google

Source – play.google

Petani dapat diakses melalui situs resmi 8Villages. Aplikasinya sudah diunduh ribuan kali. Penggunanya mencapai 18.000 orang dari seluruh Indonesia.

Aplikasi Petani terdiri dari beberapa menu, antara lain Tanya Jawab, Artikel, Video, Beranda, dan Toko. Melalui menu tersebut, petani bisa berdiskusi langsung dengan pakar pertanian via forum, SMS, maupun chat. Jika ingin mengetahui kabar terbaru dunia agribisnis, Anda dapat mengakses halaman Beranda dan Artikel.

Sementara itu, opsi “Toko” mewakili promosi produk dari toko-toko pertanian. Anda bisa melakukan pemesanan secara online. Transaksi pembayarannya melalui transfer antarbank, mobile banking, atau datang langsung ke tempat yang bersangkutan. Beberapa produk yang dijual, antara lain benih aneka tanaman, pupuk, probiotik, tumbuhan siap tanam, beragam pohon buah, cabai, beras, dan bawang merah.

Selanjutnya, ada menu “Panen”. Nah, di menu inilah, para petani bisa mempromosikan hasil panennya. Anda perlu mendaftarkan diri ke situs Petani sebelum membaca ulasan selengkapnya. Cara mendaftarnya mudah, cukup dengan mengisikan nomor ponsel dan melakukan verifikasi melalui smartphone.

Untuk memudahkan proses loading ke halaman Petani, terlebih dahulu isikan paket internet melalui pulsa Axis. Anda bisa membeli pulsa Traveloka agar proses pengisiannya lebih cepat. Tinggal mengisikan nomor tujuan dan jumlah yang perlukan. Jadi, selalu cek pulsa axis anda rutin dan jika sudah habis, Anda bisa langsung beli di Traveloka.

Selain menyediakan layanan diskusi dan jual produk, aplikasi petani pun menghadirkan informasi harga. Di sini, pengguna bisa mengetahui perkembangan harga produk-produk pertanian dan olahannya, seperti garam, gula, bawang, cabai, daging, dan telur. Daftar harga dijamin valid karena bersumber dari Kementerian Perdagangan yang update setiap hari.

Jika tak punya android, Anda bisa menggunakan layanan SMS di aplikasi ini. Cara mendaftarnya dengan mengirim format SMS “IKUTI (spasi) LISA (spasi) [NO.HP]”, lalu dikirim ke 2000 untuk operator Indosat, XL, dan Telkomsel. Selain itu, SMS dikirimkan ke nomor 0818 0200 2580.

Cara Mendaftar di Petani 8villages

Source - ciputrauceo

Source – ciputrauceo

Masih bingung dengan prosedur pendaftaran di aplikasi Petani? Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, unduh aplikasi di Google Play Store.
  2. Setelah terunduh, pasang di android Anda dan buka aplikasinya.
  3. Kalau sudah terbuka, secara otomatis akan keluar halaman pendaftaran. Segera isikan nomor ponsel dan kata sandi yang diinginkan, lalu klik “Daftar”.
  4. Tahap selanjutnya, admin Petani akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS. Tugas Anda adalah mengisikan kode tersebut ke kolom “Kode Verifikasi” di aplikasi.
  5. Saat kode terisi dengan benar, sistem akan mengarahkan Anda ke kolom pengisian nama, jenis kelamin, profesi, dan alamat. Selanjutnya, tekan opsi “Enter”.

Sesudah menuntaskan langkah kelima, aplikasi Petani bisa digunakan. Sebenarnya, siapa pun boleh memakai aplikasi ini karena terdapat informasi-informasi penting seputar bahan pangan dan harganya. Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda pun mengunduhnya.

 

Petani 8Villages, Aplikasi Berbasis Android untuk Pertanian Masa Kini | yusufsukandar | 4.5

Leave a Reply